10 tips menangani anak yang susah makan karena terlalu pemilih

Terkadang anak-anak menolak atau sangat picky ketika makan, apa kira-kira penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Kejadiannya biasanya anak nolak makan, orang tua khawatir kok sedikit sekali asupan yang masuk, tapi juga capek membujuk. Bingung ya….

Salah satu penyebab anak menjadi pemilih ketika makan adalah kepekaan di daerah mulutnya. Mereka tidak dapat menerima komponen makanan tertentu seperti rasa, bau, suara dan teksturnya. Sehingga, saat diberikan makanan tertentu, mereka lepeh, buang-buang, atau ga mau buka mulut.

Untuk memastikan anak tetap makan, kuncinya adalah banyaaaak kesabaran (paling susah kan?) dan konsisten tanpa memaksa.

Berikut tips-tips yang dapat dilakukan:

  1. Rutinitas yang terstruktur seperti waktu makan yang tetap, lokasi saat makan, alat makan yang sama dapat membantu menciptakan suasana nyaman.
  2. Makanan yang disajikan haruslah mudah ditangani oleh anak –potongan kecil yang bisa sekali kunyah atau memanjang tipis supaya gampang dipegang.
  3. Biarkan anak untuk bermain dan mengeksplorasi makanannya! Emang sih berantakan, tapi merasakan tekstur makanan dengan tangannya, dapat mempersiapkan anak sebelum memasukkan makanan itu ke dalam mulutnya. Sediakan tiga jenis makanan di piringnya dengan jumlah yang sesuai dengan usianya, dan biarkan anak bereksperimen.
  4. Mengajak anak untuk ikut menyiapkan makanannya juga dapat membantu dia agar lebih mengenal makanannya.
  5. Perkenalkan macam-macam tekstur, rasa,dan temperatur makanan secara bertahap. Anak usia 3 tahunan dapat diajak bermain tebak-tebakan. Anak diminta menebak potongan makanan apa yang dimasukkan ke mulutnya saat matanya tertutup. Makan jadi seru!
  6. Berikan kegiatan pengalihan yang menarik pada saat makan, seperti perlihatkan gambar, menceritakan dongeng favorit, mainan yang dapat diremas oleh anak dan lain-lain.
  7. Untuk memperkenalkan anak pada makanan lain yang dimakan keluarga, perkenalkan dengan menghaluskan makanan tersebut. Bila perlu bisa ditambahkan / dicampurkan dengan makanan lain yang disukai anak.
  8. Saat ingin memperkenalkan makanan baru, orangtua dan kakak atau adik dapat juga dijadikan contoh saat mereka mau mencoba makanan yang ditawarkan.
  9. Seka wajahnya saat makan dengan berbagai lap yang mempunyai tekstur berbeda-beda. Kegiatan ini juga dapat membantu mengurangi kepekaan anak di daerah sekitar mulut, sehingga nantinya bisa lebih menerima berbagai macam jenis makanan.
  10. Selain itu, Untuk mengurangi kepekaan daerah sekitar mulut, saat sikat gigi dapat dibantu dengan menyentuhkan sikat gigi /menyikat halus lidah dan pipinya.

Catatan untuk ibu:

Patut diwaspadai jika anak hanya dapat memakan kurang dari 10 jenis makanan dan tidak mau mencoba makanan baru. Karena hal ini dapat mengakibatkan kurangnya berat badan ataupun kekurangan nutrisi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s