Tips supaya anak bisa duduk tenang saat belajar

Duh anakku udah SD tapi ga bisa duduk diam di kelas. Selalu ditegur gurunya. Dia sering ga perhatiin gurunya kalau lagi ngajar di kelas. Keliatannya selalu goyang-goyangin kursi lah, atau ngunyah bagian belakang pensilnya, mukul-mukul botol minum ke kepala sendiri…adaaaa aja yang dikerjain. Ga bisa diem. Gimana ya?

Familiar ga sih sama cerita-cerita kayak gini?

Memang ada anak-anak yang lebih sulit untuk duduk diam. Ada kemungkinan ini disebabkan oleh postur tubuh  yang lemah dan kurangnya keseimbangan badannya. Anak-anak sekarang kurang banyak melakukan aktivitas fisik. Berlarian di lapangan, memanjat pohon, berguling-guling menuruni bukit, berputar-putar  sambil seolah-olah menerbangkan pesawat dari kertas. Kegiatan-kegiatan kayak gitu sebetulnya berguna banget untuk memperkuat tubuh dan sistem keseimbangan tubuhnya.

Jika kebutuhan ini sudah terpenuhi, baru deh bisa berharap anak dapat duduk diam memperhatikan penjelasan di kelas.

Sementara dia belum dapat melakukan ini, kita bisa siasatin dengan minta anak duduk di bola besar seperti yang biasa digunakan di Gym atau senam lainnya. Saat anak perlu mengerjakan pekerjaan yang membutuhkannya duduk diam (misalnya mengaji, mengerjakan PR), gantikan kursi dengan bola ini. Anak bisa mengeluarkan kebutuhannya untuk bergerak dengan naik turun di atas bola. Dengan begini, dia akan lebih bisa konsentrasi mengerjakan pekerjaannya.

Silahkan mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s