Cara mempersiapkan anak masuk SD

Keterampilan motorik halus anak sangat penting untuk melakukan gerakan meraih, menggenggam, memindahkan benda, menggunakan alat seperti pensil, crayon, dan gunting. Koordinasi mata dan tangannya akan meningkat dengan bertambahnya keterampilan anak menggunakan tangannya.

Keterampilan ini diperlukan anak untuk bersekolah, dimana mereka perlu menggambar, menulis , menyalin dari papan tulis dsb.

Keterampilan-keterampilan ini memang biasanya dikuasai di usia-usia 6-7 tahun. Namun seperti yang kita tahun, perkembangan anak bisa berbeda-beda. Bisa saja di usia tersebut anak masih belum dapat menyikat gigi dengan benar, sulit untuk mengancingkan bajunya sendiri, belum dapat menggunakan sendok makan dengan baik. Kegiatan di Taman Kanak-kanak seperti mewarnai, menggunting dan melipat kertas, kolase dsb , hasilnya jauh dari memuaskan.

Lalu, bagaimana membantu anak yang belum secara penuh menguasai keterampilan motoriknya?

  • Ajaklah anak bermain dengan “play-dough”. Menyentuh, meremas, menekan, menarik play dough akan menguatkan otot jari-jarinya dan memberinya pengalaman sensori yang dibutuhkan.
  • Sediakan dua baskom, yang satu diisi dengan cairan berwarna (gunakan pewarna makanan), baskom yang kedua kosong. Beri anak spons/busa untuk memindahkan air dari baskom yang berisi ke baskom yang kosong. Kegiatan meremas spons akan menguatkan tangan dan lengannya.
  • Meronce kalung juga latihan yang sangat baik bagi anak untuk melatih koordinasi mata dan tangannya. Dimulai dengan benang dan mote yang besar atau macaroni, baru kemudian dengan manik-manik dan benang yang lebih kecil.
  • Selain itu, menggerakkan sendi bahu, siku dan pergelangan tangan juga akan membantu anak untuk mengembangkan kemampuan motorik halus dan koordinasinya. Ini dapat dilakukan dengan bermain lempar panah karet, bulu tangkis, melemparkan bola ke dalam keranjang dll.

Tentu masih banyak kegiatan lain yang dapat dipikirkan oleh orangtua untuk bermain bersama anak guna mengembangkan keterampilannya. Contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di rumah. Tentu Anda bisa lebih kreatif bukan ?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s